Tren dan Perkembangan Game Console dari Tahun ke Tahun

Tren dan Perkembangan Game Console dari Tahun ke TahunBerbicara mengenai game console, pasti banyak orang yang mengalami kenangan manis bersama game console kesayangannya. Bahkan terkadang sampai dewasa pun seseorang masih menyimpan console tersebut meskipun sudah punya versi terbarunya. Game console ini sudah mulai dikenal sejak lama, bahkan saat ini game console sudah sampai pada generasi kedelapan. Lalu seperti apa game console generasi-generasi terdahulu? Seperti yang kita ketahui bersama, secara umum game console ini terdiri dari sebuah alat yang ditampilkan dalam monitor yaitu televisi dan dikendalikan dengan controller atau joystick. Perangkat ini pertama kali dibuat oleh Atari, sebelum akhirnya Nintendo menguasai pasaran pada tahun 1985 hingga 1989.

Namun mungkin saat ini Sony dengan PlayStation-nya dan Microsoft dengan Xbox-nya berhasil mengalahkan dominasi Nintendo. Tahun 1972 adalah pertama kalinya dalam sejarah beredar game console pertama dengan nama Magnavox Odyssey. Pada console tersebut terdapat 16 buah game built-in yang bisa diganti-ganti dengan mudah. Saat ini tercatat Magnavox Odyssey berhasil terjual sebanyak 200 ribu unit. Barulah setelah itu Atari menciptakan console generasi kedua dengan versi 8 bit pada tahun 1976. Untuk generasi kedua ini Atari berhasil mencuri perhatian para pencinta game dan berhasil menjadi yang terlaris pada saat itu. Beberapa game console yang dikeluarkan populer pada saat itu di antaranya Atari 2600, Atari 5200, Fairchild Channel F, dan Magnavox Odyssey versi 3.

Nintendo sendiri baru muncul dalam game console generasi ketiga yang populer pada era 1983. Saat itu Nintendo Entertainment System yang sebelumnya bernama FAMICOM bersaing ketat dengan SEGA. Kedua perusahaan game console tersebut bersaing sangat ketat dan itu pertama kalinya terjadi dalam sejarah. Kemudian dilanjutkan dengan game console generasi keempat pada tahun 1990-an. Di mana SEGA merilis SEGA Megadrive/Genesis 16-bit. Pada 1991 akhirnya SEGA merilis game Sonic the Hedgehog yang sampai saat ini masih menjadi maskot perusahaan game console tersebut. Nintendo yang merasa tersaingi pun mulai merilis Super NES dengan maskot Mario Bross.

Dalam dua generasi game console, Nintendo dan SEGA bersaing sangat ketat. Barulah pada generasi kelima Sony ‘mencampuri’ urusan Nintendo dan SEGA. Kali ini Sony berhasil merebut hati para pencinta game console dan saat itu mereka mulai melupakan Nintendo ataupun SEGA. Pada tahun 1995 untuk pertama kalinya Sony merilis Playstation yang sudah mengusung 32-bit dan 64-bit. Nintendo tidak tinggal diam yang kemudian segera melepas Nintendo 64 pada tahun 1996. Sayangnya Nintendo masih kalah bersaing dengan Sony yang saat itu sudah menggunakan CD-ROM untuk memutar game-nya. SEGA pun merilis satu game console bertajuk SEGA Saturn yang sebenarnya juga berbasis CD-ROM. Namun sayang Sony dan Nintendo masih lebih dominan pada saat itu.

Jika Anda suka bermain PS2 atau Playstation 2, itu adalah game console generasi keenam. Di mana generasi keenam ini dimulai sejak 1999 dengan kemunculan console terakhir SEGA, yaitu Dreamcast. Sebenarnya game console tersebut cukup unik karena punya fitur game online dan console pertama yang mengusung 128-bit. SEGA bangkrut, lalu pada 2001 Sony meluncurkan PS2 yang diikuti dengan munculnya Nintendo GameCube. Nintendo yang tidak mau kalah saing akhirnya juga melepas dua console genggam yaitu Gameboy Advance dan Nintendo DS. Sayang game console portable tersebut masih belum bisa mengalahkan popularitas PS2.

Untuk generasi ketujuh dan kedelapan, persaingan game console modern semakin ketat. Kali ini Sony dan Nintendo tetap bersaing, ditambah dengan Microsoft yang meluncurkan game console Xbox. Microsoft berusaha masuk ke dalam persaingan dengan Xbox 360, Sony dengan PS3 dan Nintendo dengan Nintendo Wii. Dan pada generasi kedelapan berbagai jenis game console semakin menggila dengan berbagai inovasinya. Seperti tampilan grafis yang lebih nyata, penambahan sensor, dan sebagainya. Sekarang ini yang sedang panas bersaing di pasar adalah Xbox-One, Nintendo Wii-U dan PS4. Jadi bagaimana? Game console mana yang menjadi pilihan Anda? Apakah dari Microsoft, Nintendo atau Sony? Pilihan tentunya ada di tangan Anda masing-masing.

Ingat game console pasti ingat dengan togel singapura